Connect with us

Berita Bola

Ventura Dipecat Usai Italia Gagal Lolos Ke Piala Dunia 2018

Bola Motion.comBukan hanya para pemain Timnas Italia saja yang bersedih karena tidak bisa lolos ke putaran Final Piala Dunia 2018. Tapi sosok sang pelatih Timnas Italia Gian Piero Ventura juga mengalami kisah tragis setelah pertandingan Italia VS Swedia selasa lalu. Kejadian tersebut adalah Ventura dipecat usai Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Untuk kali pertama setelah tahun 1958, Italia tidak dapat lolos ke putaran Final Piala Dunia 2018. Inilah yang menjadi alasan FIGC (Asosiasi Sepakbola Italia) untuk memecat Ventura dari jabatan nya sebagai pelatih Timnas Italia. Keputusan ini diambil setelah Presiden FIGC Carlo Tavecchio melakukan pertemuan dengan perwakilan liga-liga di Roma, Rabu (15/11/2017) waktu setempat.

Ventura Dipecat Usai Italia Gagal Lolos Ke Piala Dunia 2018

Presiden FIGC Carlo Tavecchio

“Mulai hari ini, Gian Piero Ventura sudah bukan lagi pelatih tim nasional Italia, sebagai hal pertama yang menjadi prioritas untuk saat ini, Tavecchio mengomunikasikan pilihan terkati Azzurri dan per hari ini juga, Gian Piero Ventura sudah resmi di pecat dari federasi sepakbola Italia,” ungkap pernyataan resmi Presidan FIGC seperti dilansir Football Italia.

Kegagalan Italia menembus Piala Dunia 2018 adalah faktor utama pemecatan pria berusia 69 tahun tersebut. Italia dipastikan tidak lolos setelah hanya bermain imbang 0-0 melawan Swedia pada leg kedua babak play-off Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Giuseppe Meazza, Senin (13/11/2017) atau Selasa dini hari WIB. Hasil imbang tersebut tidak cukup menutup kekalahan 0-1 pada leg pertama di Friends Arena, Solna, Jumat (10/11/2017).

Sosok Ventura sebagai seorang pelatih Timnas kerap dikritik terkait pilihan taktiknya. Ventura gemar bermain dengan pola 4-2-4, namun begitu terekspos. Sementara ketika bermain dengan pola 3-5-2, Italia bermain sangat monoton. Seperti ketika menghadapi Swedia di leg kedua play-off, di mana Italia cuma mengandalkan umpan-umpan silang. Dan itulah yang menjadi salah satu kesalahan tak terlupakan sepanjang sejarah ketidaklolosan Italia di bawah kepemimpinan Ventura.

Ventura Dipecat Usai Italia Gagal Lolos Ke Piala Dunia 2018

Gian Piero Ventura saat melatih Timnas Italia

Ventura sebelumnya juga ngotot tidak mau mengundurkan diri. Ia merasa dirinya masih layak melatih Timnas Italia, terutama karena hanya menelan tiga kekalahan dan merasa mampu menghadirkan permainan bagus. Tapi sayang, pernyataan Ventura sama sekali tidak di gubris oleh Federasi Sepakbola Italia.

Namun, Ventura tidak akan pergi dengan tangan hampa. Dia akan menerima pesangon karena terikat kontrak hingga musim panas 2018. Secara perhitungan, pesangon yang akan diberikan berdasarkan penghitungan durasi perjanjian Ventura bersama Timnas Italia. Dengan sisa masa kerja delapan bulan dalam kontrak bernilai 1,3 juta euro, maka Ventura memiliki hak sebesar 866 ribu euro atau Rp 13,7 miliar.

Namun, sejauh ini kabar tersebut masih simpang siur. Media cetak di Italia juga memberitakan bahwa Ventura akan tetap menerima gaji ketimbang diberi pesangon. Dengan strategi ini, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) tidak perlu membayar lagi upah Ventura ketika dia menemukan pekerjaan baru. Dan kabar mengenai Ventura dipecat usai Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 masih hangat dibicarakan banyak orang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Premier League Standing

Latest football here. Just downloading statistics from information sources.

Laliga Standing

The latest soccer information here. Now fetching stats from football data source.

Indonesia Standing

The very latest football data here. Just loading statistics from information source.

Italy Standing

Latest football information here. Now getting data from information source.

More in Berita Bola